Lucid Dream : Cara Mengontrol Mimpi


Dari kalian pembaca tulisan ini, apakah kalian pernah dengar istilah lucid dream?

Lucid dream adalah keadaan di mana seseorang menyadari dirinya sedang bermimpi dan seseorang bisa mengendalikan apa yang terjadi dalam mimpinya. Pengertian lucid dream dalam arti yang singkat disebut mimpi sadar. Mimpi ini terjadi saat seseorang memasuki tahap tidur REM atau Rapid Eye Movement, yang memang manusia memiliki 4 tahapan tidur. Yang pertama yaitu tahap tidur ayam, yang kedua yaitu tahap kedua mulai tertidur, yang ketiga yaitu tidur nyenyak, dan yang terakhir yaitu tidur REM. Jadi, kita bisa mengendalikan apa yang yang ada didalam mimpi kita sendiri. Mau ketemu gebetan? Mau ketemu idola? Bisa banget! Langsung scroll aja buat yang mau tahu caranya!

1. Tidur di kasur dengan baju tidur yang longgar dan nyaman, tapi jangan sampai tidak sadarkan diri. Berusahalah konsentrasi hembusan nafas kita selama beberapa saat.

2. Membuat alur dari mimpimu dan selalu memperhatikan hal apa saj yang sering muncul dalam mimpi, akan berguna untuk mengidetifikasikan, bahwa kamu sedang berada di dunia mimpi. Obyek yang sering muncul dalam mimpi ini biasa disebut dreamsigns dan biasanya pada setiap orang berbeda-beda. Semakin kamu sadar dengan hal-hal tersebut, kamu akan bisa membedakan antara mimpi atau masih dalam alam sadar.

3. Bayangkan kamu sedang menghitung domba atau menaiki anak tangga. Jangan sampai ketiduran.

4. Meningkatkan hormon melantoninmu akan memberikan efek positif pada kualitas mimpi dan berpengaruh besar pasa lucid dream. Hormon melantonin merupakan hormon yang mengatur siklus dari tidur eseorang. Salah satu cara untuk meningkatkan hormon melantonin adalah dengan tidur dalam kondisi ruang yang gelap.

5. Kamu akan mengalami sleep paralysis atau yang biasa disebut dengan ketindihan. Kamu akan merasakan dilempar atau ditindih dengan beban yang berat. Tapi, jangan bangun bangun. Bertahanlah atau usaha kamu untuk lucid dream akan gagal.

6. Setelah berhasil melawati tahap ketindihan, kamu akan mengalami black out, yang dimana kamu merasakan akan didalam ruang yang gelap gulita. Bertahanlah. Jangan takut! Jangan panik! Tidak akan ada apa-apa didalam tahap ini.

7. Setelah itu kamu akan mengalami sensasi yang berupa penglihatan ataupun pendengaran. Selamat, kamu berhasil memasuki ke dunia mimpi dalam keadaan yang sadar diri!

For your information : Saat memasuki dunia mimpi, sebaiknya jangan telalu senang, jangan terlalu sedih, dan jangan emosi yang berlebihan. Karena hal tersebut bisa membuyarkan mimpi sadarmu. Jadi, tetap konsentrasi ya!

Untuk kalian para readers, sudah pernah atau belum mengalami lucid dream? Sejauh mana kalian  bisa mengontrol mimpi sendiri? Kalian bisa tuliskan pengalaman kalian tentang lucid dream, di kolom komentar, ya.

Comments

  1. Kok jadi takut ya tapi aku :"(

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah, jangan takut kak. kakak tidak sendirian kok ^^

      Delete
  2. Kok q coba carax malah jd ngantuk say wkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa berhasil di beberapa org saja kak hehe

      Delete

Post a Comment

Popular Posts