'Life Goes On' by BTS

Iya betul!

Tulisan ini aku tulis setelah dengerin Life Goes On nya BTS.

Mungkin agak telat buat dengrinnya, because I don't update about BTS and I'm not ARMY but there are some songs that I listen to.

Buat kamu yang belum dengrin lagunya. . coba deh dengerin terus search arti lagunya.

Pesan menghibur yang terkandung dalam Life Goes On adalah adalah hidup terus berlanjut atau life goes on, bahkan ketika harus melalui keadaan yang sulit. Life Goes On juga mengingatkan akan kondisi masa pandemi COVID-19 pada tahun ini (2020), tetapi hidup tetap harus terus berjalan. Meski pandemi menyerang tanpa peringatan, BTS mengumpamakan bahwa kehidupan seperti gema di hutan yang akan kembali seperti sedia kala.

Scene dimulai dengan V yang mengendarai mobil sendirian dan menggunakan masker. Lalu Jungkook terlihat sendirian di dalam kamarnya dan juga Jimin yang baru bangun tidur.

Dalam MV Life Goes On Namjoon ditampilkan di balkon di samping sepedanya dan dia menyela saddle untuk melihat seberapa tebalkah debu yang berkumpul. So, sepeda kesayangannya tidak terpakai dan menjadi tempat berkumpulnya debu. Hingga akhirnya mereka berkumpul bersama sambil tertawa, bermain game, dan makan pizza.

Scene itu menunjukkan bahwa akibat adanya pandemi kita tidak bisa keluar rumah lagi. Kehidupan normal seperti sebelumnya tidak berlaku lagi. 

Salah satu scene yang cukup mengharukan adalah saat V mengendarai mobil lalu melihat stadion yang seharusnya menjadi lokasi konser. Ketika konser yang harus dibatalkan adanya pandemi dan tidak bisa lagi bertemu penggemar secara langsung. Ekspresi dan perasaan yang dirasakan nampak jelas dalam MV yang diambil secara close-up. Scenes juga menampilkan kegiatan santai para member. 

Diakhir scene, menampilkan semua anggota BTS tampil di stadion kosong. Para anggota berdandan dan tampil, tetapi mereka tidak menampilkan di depan para penggemar secara langsung.

Secara garis besar, Life Goes On menggambarkan kegalauan karena kegiatan jadi terhambat, tapi dengan bersama-sama bisa melaluinya dengan tetap penuh kegembiraan.

Seperti pesannya, lagu ini menggambarkan ketika seseorang yang tidak bisa melihat akan seperti apa akhir perjalanan tersebut atau bertanya-tanya tentang adakah jalan keluar.

Membuat orang enggan melangkah, tapi sebenarnya yang diperlukan adalah untuk tetap menikmati setiap momen yang ada dan saling membantu.

Dalam MV Life Goes On, BTS menampilkan scene-scene yang menunjukkan apa yang terjadi di masa pandemi ini.

In my opinion, lagu ini relate banget sama keadaan kita sekarang.

Life Goes On benar-benar jadi pengingat, kalau hidup akan terus berjalan. Meski keadaan nggak menentu atau kita nggak tahu bagaimana jalan keluar masalah kita. And in the end. . .


"One day the world stopped without any warning. ."

Tahun ini, dunia kita terasa berhenti. Semua rencana kita batal, kita harus membuat banyak sekali penyesuaian. Nggak ada yang menyangka tahun 2020 bakal seperti ini, kan? Nyatanya hidup kita tetap terus berjalan. Luar biasa ya, ternyata kita bisa bertahan sejauh ini. Lebih luar biasa lagi adalah bahwa bukan cuma kita yang mengalami ini.

Seluruh dunia juga sedang berjuang!

"Running faster than that cloud of rain...

Thought that'd be enough...

Guess I'm only human after all"

Mungkin kita sering lupa, kalau kita ini sebenarnya manusia biasa. Meski kita sudah berusaha sebagian mungkin, kita masih bisa dapat masalah.

Ada banyak sekali hal di dunia ini yang sebenarnya ada di luar kendali kita. Segalanya nggak mungkin selalu baik-baik saja.

"The day will come back around as if nothing happened"

Pernah terpikir nggak, kalau apa yang harus kita lalui sekarang, mungkin hanya akan jadi cerita beberapa tahun ke depan?

Karena hidup kita ini terus berjalan.

Segala yang sudah kita lalui hanya bisa jadi pelajaran. Kita harus terus maju, melangkah ke depan dan nggak kehilangan harapan.

"People say the world has changed but thankfully between you and me, nothing has changed"

Dunia boleh berubah, dengan segala ketidakpastiannya. . tapi jangan pernah lupa, #kamutidaksendiri menghadapi semuanya. Masih ada orang-orang yang peduli sama kamu, dan juga berjuang bersama kamu.

*by the way, kalau kamu baca ini sekarang, share atau chat atau telfon sahabat kamu dan bilang:

"Terima kasih sudah selalu bersamaku!"

Jangan lupa bersyukur buat kehadiran orang-orang yang selalu menguatkanmu.

Life Goes On

Hidup kita akan terus berjalan

Saat keadaan sedang susah, ingatlah bahwa semuanya hanya sementara

Saat keadaan sedang baik, bersyukur dan nikmatilah setiap momennya, tapi tetap ingat. . segalanya bisa berubah kapan saja

Kita harus tetap kuat meski dalam keadaan yang tidak baik-baik saja. Meskipun dunia ini tidak pernah ramah karena banyaknya rasa sakit akan dunia yang dingin. Kita tetap perlu bersyukur dan mengucapkan terima kasih, karena setiap perjalanan hidup itu memberikan pelajaran yang menuntun kita pada kehangatan.

Seringkali, kita nggak tahu harus melangkah kemana, atau bagaimana jalan keluar masalah kita. .  GAPAPA!

Yang penting, kita terus melangkah, menikmati perjalanan kita

Saat kita sama-sama lemah adalah kesempatan kita bisa saling menguatkan

"Close your eyes for a moment

Hold my hand

To the future,

let's run away!"

Dengan kita saling berempati dan saling menghibur, kita dapat bersama-sama melewati kehidupan yang sulit di tahun ini.


Comments

Popular Posts