Birthday Blues

ni-ha!~

Apa kabar kamu yang lagi baca tulisan ini?

Semoga sehat dan bahagia selalu ya


Nggak terasa kita udah di hampir akhir tahun 2021, bulan November. Bagiku yang lahirnya bulan November. . selalu deh, was-was. Bahkan dari sebelum bulan November gitu, I mean, aku was-was dengan hari ulang tahunku sendiri. I don't know why, dari dulu. . yang awal mulanya tahun 2017 , aku takut banget ulang tahun. Mungkin saat itu, I feel kalau 17 tahun itu udah legal gitu. Aku udah punya KTP. Pasti ada yang berubahlah, apalagi 17 tahun itu aku kelas 2 SMA. Aku juga mikir, 17 tahun itu seperti "udah saatnya nih aku dewasa". Tapi karena yang aku rasakan saat itu, aku belum siap menjadi dewasa, aku masih belum pantas untuk mendapatkan umur segitu. Maka dari itu, aku takut ulang tahun. Rasanya itu seperti setiap tanggal 24 November aku skip aja gitu. .  HEHEHE. . . Bahkan sampai tahun ini pun. .

And then, aku berpikir lagi "Kalo kayak gini normal nggak sih?" Aku selalu belum siap untuk menyabut hari ulang tahunku, hari dimana umurku bertambah satu. Apalagi. . aku merasa tua gitu, tahun ini 21 tahun― berkepala dua dan berekor satu. Sebenarnya, tahun kemarin sih yang parah, tahun 2020. Karena perubahan dari umur ninteen ke twenty, yang dimana nggak ada teen lagi. Tahun ini juga twenty-nya tambah satu. Jadi twenty one. Lalu aku juga sering denger kalau umur 20 itu umur yang sangat menyeramkan.

Aduh . . .Aku udah dua dekade, aku udah ngapain aja(?)

Nah. . itu yang aku rasakan saat itu, saat awal umur 20 tahun.

Sometimes lucu juga gitu, baca-baca tulisanku tahun 2020, because aku yang sekarang, yang sedang menulis tulisan ini di minggu-minggu terakhir aku berusia 20 tahun, aku melihat diriku saat itu yang sangat gusar untuk memulai umur baru, aku ingin bilang ke diriku yang dulu "Ninda, nggak semenakutkan itu kok","Nggak seserem yang kamu bayangkan". Bahkan aku menulis disitu "I'm so not ready being twenty. ."

But . . . ya gimana , , buktinya kamu masih bisa nge-scroll feeds Instagram, bahkan saat ini ada aplikasi TikTok― satu aplikasi yang nggak akan nyangka bakal aku download sih.


Nah. . setelah itu aku research di Google dengan kata kunci takut dengan hari ulang tahun.

Dan ternyata sebutannya itu Birthday Blues atau yang dikenal juga sebagai Birthday Depression yang merupakan gangguan yang dirasakan seseorang menjelang hari ulang tahunnya yang dimana ia merasakan sebagai perasaan yang seperti putus asa hingga depresi. Beberapa orang pernah mengalami sindrom ini dengan berbagai gejala seperti kehilangan kepercayaan diri, ingin menghindari kontak dari orang lain, kesulitan tidur, hingga kehilangan nafsu makan.

About ingin menghindari kontak dari orang lain, tahun 2019 atau 2020 aku melewati ulang tahunku hanya sendirian. . ya meskipun sempat ada sarapan dan doa bersama keluarga. Aku merasa tidak perlu banyak orang yang tahu, aku juga merasa tidak perlu update status atau story di media sosial kalau bahwa "Ini lho aku ulang tahun, ucapin dong" Hmm. .I'm not like that. Tapi, kadang kalau lihat story temenku itu like banyak banget yang ngucapin sampai direpost repost gitu, sometimes I want to but I don't. Bahkan saat hari ulang tahun tiba aku merasa aku nggak mau ngapa-ngapain aja gitu. I don't know why. . . Setelah aku pikir-pikir lagi, sedih juga ya aku. Bahkan aku sampai nangis waktu dengerin lagu Nadin Amizah judulnya Kereta Ini Melaju Terlalu Cepat, like crazy, aku merasa baru kemarin aku masuk kuliah sekarang udah mau 21 tahun aja. . HAHA

 

Birthday blues  yang aku alami lebih ke aku yang belum siap untuk bertambah usia dan di "cap" sebagai orang dewasa. Aku takut si umur 21 tahun ini kecewa dengan perilaku atau sifat aku yang childish dan selfish. Aku juga semakin takut kalau aku menyakiti orang lain, apalagi orang terdekatku. Sometimes I even hurt myself.

Kalau tahun ini dan tahun selanjutnya masih ada atau banyak yang ngucapin atau enggak. Tapi aku tidak sama sekali exited, dan aku bahkan takut. . because I feel aku belum terasa lega atau tuntas di umur 20 tahun. Tapi, aku punya habit di H-1 minggu hari ulang tahun bilangnya nggak exited tapi padahal aku exited sih. . HAHA emang nggak jelas banget. Seminggu sebelum hari ulang tahunku, aku mulai menjauh dari orang lain sih, aku merasa nggak mau ketemu orang lain. Bawaannya di kamar aja terus, nonton drakor.

 

Aku akan kasih tahu one of my notes di tahun 2020 yang kebetulan aku nulisnya di note handphone, hari Selasa tanggal 17 November 2020 jam 20.13 WIB.

Tujuh hari terakhir menjadi 19 tahun, I still don't know what I want.

Hari Rabu tanggal 18 November 2020 jam 16.37 WIB.

Enam hari terakhir menjadi 19 tahun, I still don't know what I need.

Tapi, nggak tau kenapa me-skip hari singgu tanggal 22 November 2020 jam 22.21 WIB

Tiga hari terakhir menjadi 19 tahun, I don't know what I will do next

Hari Minggu tanggal 22 November 2020 jam 21.10 WIB

Dua hari terakhir menjadi 19 tahun, I'm still afraid of being loved by others, I don't want to hurt other people's feelings, I don't want to keep anyone away.

Hari Senin tanggal 23 November 2020 jam 22.05 WIB

Hari terakhir menjadi perempuan 19 tahun, Ninda, I hope your heart remains patient and sincere, I hope your heart is always strong as usual, I hope you can speak up what you want, I hope you can say "no" to something that you don't like, I hope you always give good energy to those around you, hopefully you can be more honest with your heart.


Mungkin segini aja berbagi ceritaku tentang Birthday Blues. . Kalian bisa sharing cerita kalian bagaimana Birthday Blues versi kamu

Comments

Popular Posts