Ingat Selalu : 5 x 5

"Kalau sesuatu nggak jadi masalah 5 tahun kedepan, jangan buang 5 menit mengkhawatirkannya sekarang"

Banyak hal-hal dalam hidup yang. .

Kita pikirkan dengan porsi lebih dari yang seharusnya.

OVERTHINKING!

. . padahal, di masa depan masalah ini bakal jadi hal yang receh dan nggak penting.

Misalnya. . .

hari ini kamu terpeleset di tempat umum.

Kamu jadi kepikiran. .

"Aduh malu banget!"

"Tadi banyak yang liat!"

"Apa kata orang. . ."

"Pasti aku diketawain. . ."

Tapi. . STOP!

Coba deh pikirkan :

"Emangnya. . 5 tahun lagi ada yang inget aku jatuh hari ini?"

Banyak hal lain yang bisa terjadi dalam waktu 5 tahun. Cepat atau lambat, akan ada hal lain yang lebih berkesan dari hal memalukan ini.

Identitas dirimu juga tidak ditentukan oleh kejadian ini.

5 tahun lagi, mungkin kamu malah tertawa kalau ingat-ingat kejadian ini.

Kamu suka overthinking?

Mengubah pola pikir itu nggak mudah, apalagi kalau bawaannya kita memang mudah overthinking. Tapi, bisa kok. Sebelum pikiranmu kemana-mana, selalu ingatkan dirimu: 5x5

Kadang, kita terlalu lama memusingkan hal-hal yang sebenarnya nggak terlalu signifikan di masa depan. Misalnya, bingung terlalu lama mau pake baju apa hari ini, mau makan dimana, dan sebagainya. Jadinya, kita banyak buang waktu dan tenaga!

Terlalu impulsif dalam bertindak itu nggak baik, tapi terlalu banyak mikir juga nggak baik! Ada banyak hal dalam hidup yang nggak bisa kita ketahui hasilnya sampai kita berani mencoba untuk melangkah.

Yang penting, fokuskan pikiranmu ke hal-hal yang benar-benar penting. Supaya kamu juga lebih bijak dalam membuat keputusan. 

Jadi. .

Ngapain harus terlalu dipikirkan?

Tenang aja. Keep calm!

Jangan terlalu mikirin hal-hal kecil. . karena nanti kamu malah jadi tidak lagi punya ruang untuk memikirkan hal-hal yang jauh lebih penting!

Banyak masalah baru juga bisa timbul karena belum apa-apa, kita sudah stress duluan!

Intinya. . .

Jangan "kasih panggung" di pikiranmu untuk hal-hal negatif yang hanya akan jadi penghambatmu untuk jadi lebih bahagia dan lebih maju dalam hidup!

FOCUS ON WHAT TRULY MATTER!

Comments

  1. Biasanya tahunya 4x4 penggemar otomotif penggerak roda depan belakang biasanya senang dengan 4x4. Kali ini 5x5, jadi penasaran, ternyata yang mau disampaikan adalah soal overthinking.

    Hmm itu saya mengalami tapi lebih kepada soal sakit hati, saya beroverthingking soal bagaimana untuk membalaskan dendam dengan cara terbaik tanpa mengotori tangan saya sendiri, jika memungkinkan. Overthinking saya adalah di sana. Karena saya ingin mengatakan, "Inilah balasannya yang setimpal, sakit? Jika sakit jangan pernah lakukan lagi ke orang lain, karena kamu pernah merasakannya!"

    Overthinking saya adalah dendam!

    Jangan ditiru ya, tapi ini sedikit menyampaikan apa yang saya pikirkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya beruntung tak diberi kelebihan seperti superhero, karena saya dipastikan akan jadi anti-hero dan banyak yang akan cilaka, terutama mereka yang pernah membuat saya bermasalah. Tapi saya bukan tipe orang yang suka cari masalah. The real overthinking sepertinya seperti ini contohnya.

      Delete

Post a Comment

Popular Posts