Unknown Love

Aku dapat mengatakan bahwa aku adalah seorang romantis yang putus asa. Cara aku ingin merasakan cinta dan dicintai oleh seseorang telah ada di hati aku sejak aku masih kecil. Aku tumbuh dalam hubungan dengan keluarga yang penuh kasih. Melalui pasang surut, orang tua aku jatuh cinta satu sama lain. Tumbuh dewasa melihat cinta semacam itu membuatku sangat menginginkan cinta. Dan karena aku pikir aku tahu apa itu cinta, aku mulai membuat garis cinta di pikiran aku. Bagaimana aku bertemu belahan jiwa aku, percakapan seperti apa yang kita lakukan saat pertama kali bertemu, atau hubungan seperti apa yang aku inginkan. Sebagian besar, aku menonton film atau acara TV romantis. Aku juga suka buku, cerita klise-romantis tentang laki-laki bertemu perempuan dan mereka jatuh cinta. Setiap membaca buku, aku selalu membayangkan tokohnya dan tenggelam dalam ceritanya. Dan dari situ, aku mulai membaca semua buku Jane Austen. Pride and Prejudice adalah cinta pertamaku. Cara Jane Austen bercerita tentang bagaimana Mr. Darcy jatuh cinta pada Elizabeth, dan bagaimana cewek-cewek (dulu) sangat mendambakan perhatian cowok, itu benar-benar membuat hatiku tersipu. Sejak itu, aku membeli banyak buku klasik, menonton film tentangnya, dan melamun.

Memulai kehidupan dewasa aku tidak benar-benar mengubah perasaan aku tentang cinta dan bagaimana aku melihat apa itu cinta. Tapi, semuanya berubah ketika aku melihat jenis cinta modern. Aku berumur 18 tahun ketika aku melihat bagaimana hubungan berubah menjadi sesuatu yang buruk dan toxic. Kamu tidak dapat menghindarinya dan memberi tahu kamu bahwa itu tidak sehat. Aku mulai berpikir, apakah ini cinta? Apakah mereka benar-benar jatuh cinta? Namun aku tidak mendapatkan apa-apa. Saat itu, aku bahkan tidak tahu apa artinya hubungan terbuka, atau hidup di bawah satu atap tetapi memiliki jalan yang berbeda. Pertanyaan itu selalu terlintas di pikiranku dan tidak ada yang bisa menjawabnya. Caraku melihat cinta telah berubah.

Aku bisa mendapatkan kisah cinta romantis yang selalu aku impikan. Tetapi karena aku menemukan lebih banyak tentang cinta dan bagaimana hubungan bekerja antara dua orang, aku tidak dapat membayangkan lagi, alur cerita cinta apa yang ingin aku gunakan. Ini seperti, itu hilang.

Kemudian aku bertemu dengan dia, seorang pria berpenampilan menyenangkan yang memiliki tipe berbeda dari pria yang aku temui sebelumnya. Dia baik-baik saja dengan hidupnya. Kita bertemu di klub fotografi di sekolah, yang aku pikir adalah tempat untuk bisa bersenang-senang sebentar, namun, hal ini berkembang menjadi sesuatu yang aku sebut cinta. Kita memulai hubungan kita dengan ketertarikan satu sama lain. Aku tidak tahu apakah aku mencintainya, tetapi aku tahu bahwa aku menyukainya, jadi dia juga merasakan hal yang sama. Tapi, perasaan yang kita miliki, lebih banyak waktu yang kita habiskan bersama, tempat yang kita kunjungi, aku tidak tahu berapa banyak lelucon yang dia ceritakan yang membuat aku tertawa, atau hanya tubuhnya yang memeluk aku, membuat aku jatuh cinta padanya. Tapi saat itu, aku tidak tahu apakah perasaan ini benar-benar untuk dia atau hubungan ini. Aku bingung, masih bergaul dengan pria lain, menggoda, dan tidak sedikit aku memikirkan perasaannya. I was rude, I know. Tapi dia begitu baik, hatinya dan cara dia memperlakukan aku, aku tidak pernah menemukannya di orang lain.

Dia sangat baik ketika aku mengalami hari yang buruk, dia datang dan memeluk aku, membawakan aku sesuatu, atau mengajak aku makan malam. Hal-hal kecil yang dia lakukan yang membuat hati aku meleleh. Tapi, jauh di lubuk hatiku, aku merasa kosong. Meskipun aku merindukannya, tapi tidak. Semakin aku jatuh cinta padanya, semakin aku merasa kosong di dalam. Aku mulai bertanya pada diri sendiri lagi, “Apakah kita terlalu cepat untuk jatuh cinta?”. "Apakah ini sesuatu yang selalu aku impikan?" Mencintainya itu mudah, Rakryan adalah tipe pria yang disukai semua orang. Bersama Rakryan sangat mudah. Aku menikmati diskusi segala sesuatu dengan dia. Dari politik hingga musik dan film, kita juga memiliki minat yang sama pada serial tv. Kadang-kadang kita melakukan pembicaraan yang mendalam tetapi berubah menjadi lelucon dan kita menertawakannya. Dia benar-benar tipe pria yang ingin aku habiskan bersama.

Tinggal di kota urban seperti Jakarta, membuat segalanya terlihat serba cepat dan sibuk. Dia bisa memperlambat segalanya, dia selalu menyuruhku untuk tetap tenang dimanapun aku mengalami panic attack. Meskipun terkadang kita bertengkar, itulah hubungan. Kamu sedang jatuh cinta dan kamu bertengkar. Tapi kita memiliki kesamaan, tidak menyimpan perasaan buruk lebih lama, kita membicarakan masalah kita dan menyelesaikannya bersama. Itulah salah satu alasan aku tetap bersamanya. Jatuh cinta dengan Rakryan di Jakarta, bantu aku menemukan ide cinta. Aku akhirnya melihat bahwa cinta dan hubungan itu adalah dua hal yang berbeda. Aku menyaksikan hubungan itu, perlu melibatkan dua orang yang bergantung satu sama lain dan beberapa ciuman.

Pengalaman aku sangat kontras dengan apa yang aku lihat dalam sebuah hubungan ketika aku berusia 18 tahun. Dalam jenis kehidupan cinta modern ini, aku akhirnya mendapatkan jawabannya, hubungan itu, adalah sesuatu yang kamu ciptakan sendiri. Dibutuhkan dua orang untuk membuatnya sempurna, tetapi cinta itu sendiri, kamu hanya membutuhkan satu orang, dan itu adalah kamu. Pada saat yang sama, mencintainya membuatku sangat gugup, yang membuatku takut aku tidak bisa membuatnya bahagia. Perasaan cemas yang kurasakan, bersalah pada diriku sendiri. Terkadang, aku merasa tidak cukup mencintainya. Aku tidak percaya pada diri sendiri bahwa aku bisa membuatnya bahagia, namun dia selalu mengatakan kepada aku bahwa dia berterima kasih untuk setiap menit yang aku habiskan bersamanya. Cinta kita membuat dua orang berubah dan mencabik-cabik kita. Itu tidak tumbuh seperti yang kita pikirkan. Gagasan untuk bersama seseorang dan tidak memiliki kamar untuk diriku sendiri agak membuatku takut. Aku belum siap untuk berbagi apa pun atau merasa lebih dekat dengan seseorang. Aku pikir aku siap untuk menjalin hubungan, tetapi dengan setiap masalah yang kita hadapi, aku mendorong diri aku sendiri ke lubang yang dalam sehingga aku tidak tahu apakah dia dapat membantu aku. Hal-hal romantis yang kurasakan saat bersamanya adalah hal yang tak pernah terpikirkan akan kudapatkan, dan tiba-tiba aku tak menginginkannya lagi.

Aku mengakhiri hubungan aku dengannya segera setelah aku pindah kembali ke kampung halaman dan memulai kehidupan karantina tanpa henti ini karena pandemi. Hubungan jarak jauh tidak pernah berhasil untuk kita berdua. Begitu pula perasaanku terhadap Rakryan hilang seiring berjalannya waktu. Lucu ketika aku berpikir tentang bagaimana hubungan sempurna yang selalu aku inginkan ini, berakhir untuk aku merasa baik. Tapi dia semua terluka. Dia cukup dewasa untuk berpikir bahwa hubungan kita tidak akan pernah berhasil untuk keduanya. Kebutuhan aku akan cinta datang dengan gagasan tentang kesempurnaan yang selalu aku tonton.

Cinta yang aku rasakan ketika aku tahu itu adalah cinta berbeda dari itu. Itu adalah proses yang membuat cinta tumbuh menjadi sesuatu yang indah dan seperti yang aku inginkan saat aku sedang jatuh cinta dan Rakryan, bukan tipe orang yang aku inginkan. Tapi dia membantu aku lebih percaya diri pada diri aku sendiri dan bagaimana perasaan aku. Meskipun aku masih sangat menginginkan cinta, aku tahu bahwa keinginan aku untuk menginginkan hubungan dengan seseorang tidak sepenting bagaimana perasaan aku terhadap seseorang. Dan bahkan hubungan romantis pun berakhir, tidak apa-apa. Sekarang aku menyambut cinta yang tidak diketahui.

Comments

  1. Komplikated sekali ya ...

    Sy sendiri kini sudah gak percaya lagi dengan cinta, buat sy, jika ingin berelasi untuk berumah tangga, yang dibutuhkan adalah komitmen.

    Beberapa kali menemukan cinta yabg salah, membuat sy trauma dan tidak percaya lagi pada cinta. Lebih baik berpegang pada komitmen sj, karena sy tipe yang sangat menghargai komitmen dan sy pikir cinta akan datang di sana, tentunya jika bertemu orang yang tepat, bukan penganut paham materialistis dan wanita manis bermulut busuk dengan retorika2 semu.

    Dengan baca ini sy menambah referensi bagaimana cara wanita berpikir. Meski ini baru satu contoh sj.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts